Ini Akibatnya Jika Anda Makan Kentang Lebih Dari Empat Kali Dalam Seminggu

Loading...
Kentang kerap dijadikan pengganti nasi bagi mereka yang sedang berdiet. Tapi makan kentang terlalu banyak juga tidak baik. Bahkan penelitian menunjukkan makan kentang empat porsi saja dalam seminggu bisa tingkatkan risiko hipertensi, stroke dan serangan jantung.

Ini Akibatnya Jika Anda Makan Kentang Lebih Dari Empat Kali Dalam Seminggu

Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School, menemukan bahwa makan berbagai bentuk kentang baik yang ditumbuk, direbus, atau digoreng bisa memicu kenaikan tekanan darah. Hal ini karena kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga cepat dipecah dan diserap darah.

Seperti dilansir dari Dailymail, Kamis (19/5/2016), para peneliti yang memublikasikan studi mereka dalam British Medical Journal, menganalisis data dari 187 ribu pria dan wanita dalam tiga proyek studi besar AS selama 20 tahun.

Hasilnya, wanita yang rutin makan kentang berada pada risiko hipertensi sedikit lebih tinggi daripada pria. Secara umum, baik pria atau wanita yang makan empat porsi atau lebih kentang seminggu 11 persen berisiko lebih tinggi alami tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Risiko tersebut, enam persen lebih tinggi pada mereka yang sering mengonsumsi kripik kentang.

“Kegemukan, asupan garam yang tinggi, konsumsi alkohol, dan asupan rendah kalium dikenal bisa memicu peningkatan tekanan darah. Sementara efek dari pola makanan individu tidak bisa sama. Tapi umumnya, buah dan sayur-sayuran akan membuat tekanan darah lebih sehat. Tidak seperti kentang, terutama dalam bentuk kripik, yang sering dikonsumsi dengan garam tambahan,” ujar Profesor Tom Sanders, dari King College London.
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.