Berbicara Sok Pembela Bhineka, Tetapi Ternyata Tidak Siap Berbeda

Loading...
Berbicara Sok Pembela Bhineka, Tetapi Ternyata Tidak Siap Berbeda

Ada yang mengetahui arti dari kalimat Bhineka Tunggal Ika? Bhineka Tunggal Ika artinya Berbeda beda tapi tetap satu jua, arti yang mengandung pesan yang sangat dalam, sayang kalau hanya dijadikan slogan dan jualan.

Bhineka Tunggal Ika adalah ruh bangsa ini, karena bangsa ini terdiri dari bermacam macam suku, ras dan agama, dan dijadikan satu dalam satu ikatan kebangsaan, bangsa Indonesia.

Namun, saat ini kalimat Bhineka tunggal ika, seolah menjadi milik satu pihak atau satu kubu, diklaim paling bhineka dan pancasila dibandingkan orang yang berbeda pilihan.

Mengaku pembela bhineka tapi tidak siap menerima perbedaan pilihan dan perbedaan sikap, maunya menang dan benar sendiri.

Fenomena itulah yang kini sedang menjangkiti para pendukung ahok, tidak siap menerima perbedaan hasil sidang pengadilan yang ternyata memutuskan tidak sesuai harapan mereka.

Ironi, berkoar koar soal bhineka tetapi tak paham bagaimana mengatur perbedaan, bukankah orang yang mengaku bhineka sudah seharusnya memberi contoh baik siap menang dan siap kalah, demi Indonesia.

Siap menerima perbedaan hasil yang ada, dan langsung menjadi barisan pemersatu bangsa; tidak menjadi seperti saat ini, mengaku pemebela bhineka tetapi bersikap egois dan arogan, seolah pihak lain yang berbeda tidak berhak hidup di negeri ini.

Berbhineka tunggal ika itu modal awalnya adalah memeiliki kepribadian asah asih asuh, agar mengerti situasi dengan visi kebersamaan demi kebangsaan.

Mengasah kebersamaan didalam perbedaan, mengasihi sesama yang berbeda latar belakang serta mampu mengasuh semua golongan dan perbedaan yang ada.

Itulah Bhineka Tunggal Ika sesungguhnya.
Loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.